Apakah kalian termasuk ke dalam golongan saat kerja malas di suruh-suruh ? jika benar begitu, maka waktu kalian kali ini bisa dirubah dengan mengisi berbagai macam aktivitas yang menguntungkan. Salah satunya yang bisa kalian jalankan dengan memulai bisnis rumahan seperti halnya : Membuka Usaha Warnet atau Warung Internet. Usaha ini bener-bener simpel dan nuga mampu untuk menghasilkan keuntungan sampai dengan puluhan juta rupiah. Semua bisa kalian raih dengan usaha yang giat, dan tahu serta paham bagaimana cara kerja untuk membuka usaha yang satu ini. 

Kita tahu, bahwa negara Indonesia semakin lama semakin sempit saja mengenai lahan pekerjaan yang ada. PHK dimana-dimana masih saja terus terjadi di Indonesia, dan sudah pasti kesempatan kalian dalam bekerja juga semakin menipis saja. Daripada kalian berlama-lama untuk menunggu adanya sebuah panggilan Interview saja, kenapa kalian tidak dibarengi dengan membuka usaha sendiri ? selain kalian tidak disuruh-suruh atau layaknya seorang bos, dengan membuka usaha mandiri juga akan membantu kalian dalam membuka lahan pekerjaan bagi yang membutuhkan. 

Contohnya Bisnis Warnet ini, menjadi sebuah pilihan paling mudah dan juga efektif sekali bagi kalian yang ingin mencoba membuka usaha di rumah saja. Modalnya tidak harus besar, asal kalian tahu nilai pasar juga semua bisa menjadi lancar. Berikut ini kami akan membantu kalian dalam membuka usaha warnet itu sendiri. Yuk simak bacaannya sampai habis pada artikel yang satu ini. 

Menghitung Modal Sederhana & Keuntungan Membuka Warnet 

Saat ini kalian bisa lho untuk membuka bisnis rumahan dengan modal yang dirasa masih cukup murah. Tidak usah terlalu tinggi, untuk membuka usaha ini cukup dengan 8 hingga 10 PC Second saja. Dan kami rasa modal yang ada akan balik 2x lipat nantinya dalam hitungan bulan. Berikut ini, kami akan berikan takaran perhitungan sebagai salah satu contoh kalian, untuk memulai bisnis Warnet ini sendiri. Perhitungan ini sudah kami dapatkan dari beberapa sumber yang pasti dan salah satunya dari situs 99.co. 

Perkiraan dalam Perhitungan Usaha Warnet : 

  • Menyediakan Komputer 8 hingga 10 Komputer Second saja. Rata-rata sih di angka 3jt rupiah udah lengkap sama CPU nya. Sisanya tinggal kalian poles saja lha ya, carinya sebisa mungkin yang rakitan. 
  • Menyediakan meja Warnet. Kami sarankan meja saja, kalian bisa membukanya dengan warnet lesehan terlebih dahulu untuk membuka usaha ini di awal-awal. Kalau menghitung satuan meja biasa di angka Rp. 350.000 – Rp. 500.000 tergantung dari gaya meja yang kalian pesan sendiri. 
  • Melakukan pemasangan jaringan Internet yakni Wifi. umumnya si menggunakan Wifi yang Meganya besar bukan ? perhitungan jika ingin seperti yang digunakan oleh Perusahaan di angka Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000 dijamin kenceng deh itu. Soalnya kan pasti ada aja yang bermain game maupun sekedar menjelajahi dunia Google, jadinya merasa nyaman kami rasa untuk mengambil paket wifi dengan nilai segitu. 
  • Biasanya warnet harus ada penerangan dan membutuhkan Kabel Colokan bukan ? dihitung-hitung si Lampu Biasa hanya Rp. 50.000 + Lampu Tumblr di platform Online hanya Rp. 30.000 saja plus Kabel Sambungan yang dibutuhkan seandainya 1 Colokan bisa untuk 2 PC. maka kalian tinggal hitung saja angka yang dibutuhkan berapa dari masing-masing toko yang bisa kalian datangi di daerah kalian. 
  • Terakhir sudah pasti Headset Gaming dong. Di Warnet rata-rata menggunakan Headset untuk mendengarkan suara Game, Musik dll. Belikan saja headset Gaming yang second namun masih berkualitas. Atau belikan saja yang masih baru dengan harga di angka Rp. 70.000 – Rp. 100.000 untuk satu headset saja. 

Kalian coba hitung saja perkiraan ini, dan jangan kaget dengan total dari jumlah modalnya ya. Sebab, kalian disini juga akan mendapatkan keuntungan yang besar buat masa depan kalian lho. Dan enaknya usaha ini kalian hanya membutuhkan membayar Listrik sama Wifi saja, tidak seperti usaha lain yang habis barangnya harus ready stock atau apapun itu. 

Jika disini kalian mematok harga sewa dari setiap orang yang bermain adalah Rp. 10.000 untuk 1 jam nya, maka untung kotor  yang bisa kalian dapatkan senilai : 

R : 10.000 x 10 PC + 100.000.00- lalu kalian X 15 Jam masa sewa = 1,5 JT. hasil ini kemudian kalian selama masa kerja yakni 30 hari jadi = 45 JT keuntungan yang bisa didapatkan. 

Ini hanya hasil kotor saja ya, untuk hasil bersihnya bisa terlihat ketika kalian mulai membuat pengeluaran untuk : Membayar WIFI, lalu membayar OP Warnet jika kalian memakainya, dan membayar Listrik pastinya. Jika semua sudah kalian hitung, maka dari sinilah keuntungan bersih kalian bisa dapatkan. 

Tips dalam Membuka Usaha Warnet 

  1. Memilih Tempat yang Pastinya Nyaman

Usaha warnet ini akan banyak didatangi orang jika tempatnya sangat strategis. Namun jika dirasa kalian membuka usahanya di rumah, maka pilih saja sebuah posisi dari rumah kalian yang sangat strategis serta luas. Umumnya akan memakai wilayah garasi sih pastinya, atau sekedar memakai ruang belakang dan Gudang juga bisa kalian gunakan. Dari hal inilah kalian mulai untuk menata ruangan tersebut sedemikian rupa, dari Penerangan – Kabel dan Pemasangan Wifi. pastikan kembali, saat memasang kabel PC, jangan berantakan kemana-mana. Agar nantinya, tidak ada bahaya dari kabel tersebut. 

  1. Selalu Memperhatikan Nilai Untung dan Kerugian yang Matang 

Dalam dunia bisnis pastinya keuntungan dan kerugian datang silih berganti, hingga untung dan rugi ini bisa saja naik turun nantinya. Disini kalian juga bisa memikirkan adanya perkembangan dari bisnis kalian itu. Seperti dengan menyisihkan adanya pendapatan kalian dalam periode tertentu. Dari sini kalian bisa memulai untuk menghitung keuntungan dan kerugian yang ada. Jangan lupa untuk menyisihkan juga uang kalian minimal sekali di angka Rp. 500 – 1JT untuk sewaktu-waktu menyervis komputer kalian yang mendadak ada yang rusak. 

  1. Memulai dalam Menetapkan Audience 

Dalam setiap usaha, pastinya akan menyiapkan target audience atau target pasar market usaha itu sendiri-sendiri. Contohnya untuk menjual Bubur Bayi, kan nggak mungkin kalangan dewasa membeli untuk dimakan sendiri ? sudah pasti audience atau target pasar untuk marketnya ya anak bayi. Namun untuk usaha Warnet sendiri bisa dihitung audience yang datang umurnya dari Anak-Anak yang duduk di sekolah dasar – lalu anak-anak remaja, hingga orang dewasa sekalipun bisa lho menjadi Audience kalian. Dari umur yang berbeda-beda ini, kalian juga harus mempersiapkan adanya permainan Online zaman dulu hingga sekarang yakni : Adakan PB, DOT untuk anak-anak jaman dulu. Untuk anak-anak jaman sekarang, kalian sediakan saja PUB Emulator atau PUBG Mobile jika memang komputer kalian tidak terlalu support untuk mega besar. Bisa juga beberapa permainan Horor dan lainnya. 

  1. Mengetahui Cara Benar untuk Mengelola Usaha Warnet 

Karena kalian ini memiliki banyak tanggung jawab, otomatis kalian juga harus bisa memantau adanya biaya pemasukan dan pengeluaran serta selalu memonitor karyawan kalian selaku OP Warnet dan memantau orang yang sedang bermain di sana. Kalian bisa melakukan beberapa riset lagi, untuk memastikan kalian tidak akan jatuh masuk untuk mendapatkan kerugian yang mendalam. 

Itulah sedikitnya informasi yang bisa kami sampaikan saat ini. Untuk update artikel selanjutnya, juga ada disini. Maka dari itu, terus ikuti website yang kami miliki ini ya. Semoga Sukses Selalu untuk menjalankan Usaha Warnet ini. Jika nantinya ingin mencoba usaha hiburan lainnya, maka kalian bisa cek artikel selanjutnya yang akan membantu kalian, dalam membuka usaha Rental Playstation.