anzellottisound.com

Bisnis Seni Dan Hiburan

Seni Pada Pertunjukan yang Berbasis Ekonomi yang Kreatif

Industri Kreatif pada kelompok seni pertunjukan meliputi kegiatan yang sangat kreatif yang berkaitan dengan usaha dan juga yang berkaitan dengan pengembangan konten yang akan di produksi, produksi pada pertunjukan, pertunjukan tari balet, tarian tradisional yang akan dipertunjukan, tarian kontemporer, drama, musik-tradisional, musik-teater, opera, termasuk juga pada tur musik etnik, desain dan pembuatan busana yang akan digunakan untuk pertunjukan, tata pada panggung, dan tata pencahayaan yang ada untuk panggung. Usulan definisi yang ada dalam konteks pengkategorian baku pada ilmu seni, seni pada pertunjukan memasukkan sebuah seni musik, ada juga pada seni drama dan teater serta ada juga dari seni tari dan masih ada banyak lagi sebuah seni yang ada. Namun, pembahasan kali ini akan masuk ke pembahasan dalam industri kreatif untuk melepaskan seni musik menjadi sebuah kelompok subsektor tersendiri. Sehingga, pada kelompok industri kreatif subsektor seni pada pertunjukan hanya akan melingkupi sebuah kegiatan yang masih berhubungan dengan seni drama, teater dan karawitan serta tari baik itu tanpa membedakan antara klasik, pada tradisi, pada modern, yang populer maupun yang kontemporer. Termasuk di dalamnya ada industri pendukung yang saling berkaitan seperti tata panggung yang ada, serta adanya sebuah pencahayaan, busana yang akan dikenakan dan tata suara yang dimiliki. Seni pertunjukan adalah sebuah karya yang akan melibatkan aksi individu maupun sebuah aksi kelompok yang menyajikan sebuah tontonan yang sangat bernilai seni tanpa adanya keterbatasan oleh media tertentu walaupun itu dalam beberapa kasus  seperti pada penggunaan media perantara yang digunakan seperti media elektronik dan media internet yang dapat mengurangi nuansa dari karya seni yang ada tersebut.

Tentang Seni Pertunjukan

Produk industri dari seni pertunjukan yang bersifat intangible dan dapat dinikmati oleh para penonton dalam sebuah tontonan yang disajikan oleh orang lain. Produk seni ini tercipta melalui aktivitas proses kreasi yang akan dikemas oleh para produser atau para event organizer dan akan dilanjutkan dengan aktivitas yang komersialisasi oleh para pemilik acara baik itu atas dasar permintaan para konsumen akhir ataupun atas inisiatif nya sendiri. Seni pertunjukan ini dapat kalian tonton secara langsung seperti yang ada pada gedung pertunjukan, pada hotel, yang ada di restaurant, pada ruang publik ataupun melalui dari perantara media seperti pada televisi dan juga yang ada di internet.

Produk industri seni pertunjukan ini kadang juga tidak berdiri sendiri melainkan akan tergabung dalam sebuah paket acara yang akan di pertunjukan. Hal ini kalian akan temukan seperti pada paket nya pariwisata, ada juga paket dari pendukung sebuah acara atau eksebisi hingga pada sarana promosi yang ada di negara yang notabene nya adalah sebuah pemerintah sebagai promotor seni budaya yang ada pada bangsa juga berada sebagai pihak pembeli yang ingin melihatnya. Proses kreasi merupakan sebuah titik awal yang sangat penting dalam penciptaan produk seni pertunjukan yang akan di perlihatkan. Pihak yang akan terlibat dalam proses kreasi ini meliputi seorang seniman per individu, dan ada juga dari komunitas seni. Selain itu juga ada banyak yang ditemukan bahwa pada proses kreasi akan muncul dari lembaga pendidikan yang ada di negara tersebut. Dalam berkreasi, seniman tidak akan terlalu memikirkan terlalu dalam mengenai sebuah aspek komersial yang dapat diperoleh karena adanya sebuah seni tidak semata mata untuk ditujukan untuk mencari keuntungan yang besar. Hal ini perlu dijaga karena mengingat akan ada beberapa jenis pertunjukan yang terutama yang berkaitan langsung dengan kegiatan keagamaan hal ini tidak akan diperkenankan untuk dilakukan modifikasi dengan memiliki tujuan permintaan para konsumen. Diharapkan untuk tidak terjadi pendangkalan seni dan juga pada kooptasi serta hegemoni pemilik sebuah modal pada karya seni pertunjukan yang ada.

Proses produksi sebuah Seni pertunjukan akan dikemas menjadi sebuah pagelaran yang sangat menarik yang berkonteks komersial ( hal ini dilakukan untuk mencari keuntungan) oleh produser atau para event organizer. Pihak inilah yang akan berposisi sebagai pengemas semuanya dan akan mengorganisasi sebuah karya seni yang akan menjadi pertunjukan untuk menjadi produk tontonan para masyarakat sekitar. Proses komersialisasi ini akan di Komersialisasi seni pertunjukan terletak kepada industri yang terkait seperti pada pariwisata, pada media promosi dan pada pemerintah yang memiliki berkepentingan untuk mempromosikan sebuah budaya ataupun menggunakan budaya tersebut sebagai salah satu bagian dari kegiatan atau acara yang akan dikerjakan. Misalnya itu pada seni pertunjukan yang dipakai dalam acara sebuah promosi dari produk wisata. Proses nya akan distribusi, Distribusi produk seni yang akan melakukan pertunjukan akan ditujukan kepada proses yang mengajarkan seni kepada konsumen yang ada baik itu untuk dinikmati secara langsung maupun melalui media perantara yang digunakan pada acara tersebut. Walaupun pada produk yang tertentu saja, ada kalanya para penggunaan media perantara ini seperti elektronik dan juga pada internet akan mengurangi kenikmatan pemirsa untuk melihatnya secara virtual. Seni pertunjukan yang didistribusikan kepada konsumen yang melalui gedung pertunjukan yang ada. Mengingat minimnya sebuah sarana gedung pertunjukan telah adanya mencuatkan sebuah isu untuk menampilkan sebuah seni di ruang ruang publik atau bisa juga non ruang seni pertunjukan.

Ekonomi Kreatif pada Bidang Seni dan Budaya

Industri Kreatif pada kelompok Seni dan juga Budaya (Pada pertunjukan) meliputi sebuah kegiatan yang kreatif yang juga berkaitan dengan usaha yang akan berkaitan dengan pengembangan sebuah konten, adanya produksi pada pertunjukan, pertunjukan tari balet, tarian tradisional yang ada pada pulau, tarian yang kontemporer, adanya sebuah drama, musik tradisional, musik yang ada pada teater, dan opera, termasuk akan ada sebuah tur musik etnik, desain dan ada pembuatan busana untuk melakukan sebuah pertunjukan, tata yang ada di panggung, dan tata pada pencahayaan.

Dalam sebuah konteks adanya pengkategorian baku ilmu seni, Seni dan juga pada Budaya (Pada pertunjukan) memasukkan pada seni musik, adanya seni drama dan juga teater serta akan ada seni tari. Namun, pada pembahasan dalam industri kreatif akan melepaskan seni musik ini menjadi sebuah kelompok sub sektor tersendiri yang sudah terpisah. Sehingga, pada kelompok industri kreatif sub sektor Seni dan juga Budaya (Pada pertunjukan) hanya akan melingkupi sebuah kegiatan yang berhubungan dengan seni drama, adanya pada teater dan karawitan serta tari yang baik tanpa membedakan antara tarian klasik, tarian tradisi, tari modern, bahkan pada tari populer maupun tari kontemporer. Termasuk di dalamnya akan ada industri yang menjadi pendukung yang berkaitan seperti yang ada pada tata panggung, pada pencahayaan, pada busana dan tata suara yang ada.

Menumbuhkan ekonomi yang kreatif ini tidak akan bisa lepas dari budaya yang ada pada setempat, budaya ini juga harus menjadi basis pada pengembangannya. Dalam konteks yang ada kebudayaan lokal akan ada yang disebut dengan kearifan lokal yang menjadi nilai yang sangat  bermakna, antara lain itu akan diterjemahkan ke dalam bentuk fisik berupa pada produk kreatif yang dimiliki daerah setempat.

Ekonomi kreatif tidak akan bisa dilihat dalam konteks ekonomi saja, akan tetapi juga pada dimensi budaya. Ide-ide yang sangat kreatif yang muncul adalah produk pada budaya, karena pada strategi kebudayaan akan sangat menentukan untuk arah perkembangan ekonomi kreatif.

 

Tips dalam Membuka Usaha Rental PS

Membuka adanya usaha untuk mendatangkan keuntungan yang menjanjikan di setiap harinya, memang tidak terlalu sulit. Kalian bisa melakukan ini jika benar-benar sudah sangat jeli sekali dalam memperhatikan peluang yang ada. Melihat adanya peluang ini bisa dilakukan dengan cara mengadakan Survei kecil mengenai hal apa yang memang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat. Namun untuk hal ini, kalian bisa kok melihat kebutuhan anak-anak atau kalangan remaja dan orang Dewasa, untuk sekedar menghilangkan stress dirasa membuka bisnis Sewa atau Rental Playstation dapat kalian andalkan dengan mudah nih. 

Selain masih banyak sekali penggemar dari permainan ini, Konsol PS nyatanya selalu mengalami pembaruan demi pembaruan. Katakanlah pembaruan ini baru muncul pada PS 5, yang membuat semua gamer sangat tertantang untuk bisa memiliki s128 sabung ayam. Teknologi yang dihadirkan dari dunia PS ini benar-benar semakin canggih dan mampu memanjakan setiap mata yang melihatnya serta tidak akan membosankan, karena memiliki keanekaragaman dari jenis permainannya. 

Jika sudah berbicara mengenai dunia bisnis dari Rental PS ini, maka kami akan berbaik hati untuk sesegera mungkin memberitahu kalian Tips dalam Membuka Usaha Rental PS tersebut. Kira-kira, apakah kalian ini termasuk orang yang mandiri dengan ingin membuat usaha sendiri ? jika benar, mari ikuti kami dalam memberikan setiap tips yang ada di dalam artikel ini. Selain tips, jika memang ada kesempatan waktu maka disini kami akan memberikan adanya perhitungan modal yang bisa kalian dapatkan nantinya. 

 

Tips : Memilih Lokasi yang Sesuai Target Pasar Audience 

Hal pertama yang mungkin kalian lakukan memang dengan melihat adanya kondisi dimana Lokasi kalian dalam membuka usaha ini. Kondisi dari lokasi ini juga harus bisa meliputi adanya perekonomian dari Masyarakatnya hingga memperkirakan mengenai banyaknya anak-anak atau dari setiap kalangan Audience yang nantinya bisa bermain PS di tempat kalian. 

Jika nantinya sudah sesuai semua, maka disini kalian bisa memutuskan tempat yang sekiranya memang bisa untuk digunakan dalam dunia bisnis Rental PS. Nah dengan memilih adanya lokasi yang sangat strategis, pada akhirnya bisa mempermudah kalian nih untuk mendapatkan nilai keuntungan itu sendiri. Atau nantinya kalian juga bisa memulai membuka usaha ini dari rumah kalian, dan minimal sekali ukuran dari rumah kalian adalah 12 m persegi dan sudah sangat cukup sekali dalam memulai bisnis Sewa PS ini. 

Memang idealnya jika ruangan dari usaha Rental PS ini memiliki ukuran yang memanjang, lalu adanya TV LED dan PS yang diletakkannya di samping kanan maupun sisi kiri. Dengan begitu, kalian bisa memudahkan dalam mengawasi setiap jalannya usaha kalian tersebut. 

 

Tips : Memperhatikan Kualitas dari PS 

Di dalam memulai bisnis pada rental PS ini, maka kalian bisa mengusahakan untuk selalu menggunakan adanya PS dengan kualitas yang bagus dikarenakan hal ini memang bisa mengurangi sebuah potensi atas kerusakan yang cepat terjadi nantinya. Saat ini sudah ada banyak lho PS yang mampu menggunakan bantuan dari Hardisk. Sebab itu, dengan menggunakan Hardisk ini bisa menjadi salah satu cara dalam menarik adanya minat orang-orang untuk sekedar menyewa PS di tempat kalian. 

Bagaimanapun itu, pada penggunaan dari Hardisk ini akan jauh lebih efektif lagi dan juga bisa jauh lebih praktis dikarenakan memiliki proses dari loadingnya tidak terlalu lama. Selain itu, dalam pembelian adanya stik PS juga harus sekali diperhatikan. Usahakan juga untuk bisa membeli Stik PS yang berkualitas dan juga bagus. Hal ini memang penting untuk mendulang kesuksesan bisnis PS adalah penggunaan dari Stik PS itu sendiri. 

Dalam memulai bisnis Rental PS ini, yang paling sering membutuhkan adanya perhatian lebih ya memang Stik PS. sebab, belum ada sebulan saja stik ps akan cepat sekali rusak pastinya. Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis dari Sewa PS ini kalian juga harus memperhatikan komponen lainnya seperti : mengetahui game yang terbilang terbaru atau paling populer atau sekiranya harus update, dikarenakan memang video game ini di setiap minggu selalu saja muncul dan mampu untuk menarik orang dalam bermain di tempat kalian nantinya. 

 

Usaha Rental PS Mampu Menambah Penghasilan 

Kalian bisa untuk melipatgandakan adanya penghasilan dari usaha rental PS ini. Sekiranya untuk sekali main saja, mereka membutuhkan waktu selama 2 Jam. jadinya peluang bisnis ini bisa kalian kembangkan. Selain produk dari PS ini menjadi produk yang sangat mumpuni, kalian juga bisa menambahkan usaha sampingan lainnya yang mendobrak usaha ini agar tetap laku yakni : Ditambah dengan Menjual Rokok, Ditambah menjual Minuman Dingin, Makanan Ringan maupun Indomie, dan lainnya.

Idenya sendiri memang sangat sederhana dan nantinya, bisa membantu kalian dalam meningkatkan adanya usaha rental PS yang kalian bangun nantinya. Jika nantinya kalian tidak memiliki modal besar untuk memulai usaha dari sewa PS ini, maka kalian bisa mencoba adanya tips berikut ini : 

  1. Menggunakan ruangan sisa di rumah kalian, yang sekiranya cukup untuk menampung 6 pemain. Sebab menyediakan rental PS nya minimum sekali 3 Konsol PS. 
  2. Penggunaan dari Konsol PS ini minimal sekali deh PS3 dan PS4 yang ngetren. Untuk PS 5, jika kalian mampu dan mengandalkan ke elitan juga boleh. 
  3. Jika membutuhkan karyawan, kalian gunakan saja keluarga kalian sendiri yang masih sekolah untuk menambah uang jajan mereka. Jika kalian masuknya anak tunggal, maka pekerjakan saja anak tetangga kalian yang masih nganggur dan memberikan biaya sesuai dengan kemampuan yang ada. 
  4. Mengenai modal dalam membeli TV LED, PS, Kabel Listrik, maka setidaknya menggunakan modal yang ada lebih dulu atau sekiranya bisa meminjam duit ke orang tua lebih dahulu atau pinjaman yang ada. 
  5. Nah total dari yang dibutuhkan oleh kalian kurang lebihnya hanya 10 juta sampai 20 Juta saja. Sesuai dari pemakaian yang ada. Cukup murah bukan ? 

 

Analisis Keuntungan yang bisa Diraih 

Dengan membuka usaha ini, kalian selaku pemilik harus memiliki sedikitnya analisis dari penggunaan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk usaha tersebut. Umumnya si kalian membutuhkan biaya pengeluaran dari : TV LED – Konsol PS3 – Stik PS – Kabel Listrik – Bayar Listrik – Sewa Ruko ( kalau memang tidak ada space di rumah ). Semua bisa kalian perkirakan masing-masing dari toko tempat kalian membeli semua barang-barang tersebut. 

Selain itu, kalian juga bisa memulai untuk mengasumsikan adanya biaya pemasukan 9 namun masih hitung kotor saja ya ) dalam usaha Rental PS ini : 

  • Jika dalam 1 hari kalian efektif membuka usaha ini dengan kurun waktu 10 jam saja dengan menggunakan 3 PS. maka perhitungannya : Rp. 10.000 x 30 jam = Rp. 300.000.00- yang di dapat
  • Lalu masih ditambah lagi dengan pemasukan dari kalian yang menjual makanan ringan, minuman dingin dengan harga yang dimulai dari Rp. 5000.00- saja pasti bisa menambah keuntungan dengan cepat. 
  • Jadinya pendapatan target sehari kalian minimal sekali ya dingka Rp. 300.000.00 atau di angka Rp. 200.000.00- saja. 
  • Untuk total dari pendapatan kotor usaha Rental PS ini dalam sebulan di perkirakan sudah menyentuh Jutaan Rupiah pastinya. 
  • Mengenai tahapan awal, selain bisa digunakan dalam mencicil kredit, kalian juga harus berani untuk menambah PS dan TV lagi nantinya jika sudah berkembang. Dengan cara tersebut, kami pastikan kalian dalam waktu 1 Tahun bisa berkembang dengan pesat. Semua sudah pasti tergantung dari strategi yang kalian kembangkan juga nantinya.

Cara Membuka Usaha Warnet di Indonesia

Apakah kalian termasuk ke dalam golongan saat kerja malas di suruh-suruh ? jika benar begitu, maka waktu kalian kali ini bisa dirubah dengan mengisi berbagai macam aktivitas yang menguntungkan. Salah satunya yang bisa kalian jalankan dengan memulai bisnis rumahan seperti halnya : Membuka Usaha Warnet atau Warung Internet. Usaha ini bener-bener simpel dan nuga mampu untuk menghasilkan keuntungan sampai dengan puluhan juta rupiah. Semua bisa kalian raih dengan usaha yang giat, dan tahu serta paham bagaimana cara kerja untuk membuka usaha yang satu ini. 

Kita tahu, bahwa negara Indonesia semakin lama semakin sempit saja mengenai lahan pekerjaan yang ada. PHK dimana-dimana masih saja terus terjadi di Indonesia, dan sudah pasti kesempatan kalian dalam bekerja juga semakin menipis saja. Daripada kalian berlama-lama untuk menunggu adanya sebuah panggilan Interview saja, kenapa kalian tidak dibarengi dengan membuka usaha sendiri ? selain kalian tidak disuruh-suruh atau layaknya seorang bos, dengan membuka usaha mandiri juga akan membantu kalian dalam membuka lahan pekerjaan bagi yang membutuhkan. 

Contohnya Bisnis Warnet ini, menjadi sebuah pilihan paling mudah dan juga efektif sekali bagi kalian yang ingin mencoba membuka usaha di rumah saja. Modalnya tidak harus besar, asal kalian tahu nilai pasar juga semua bisa menjadi lancar. Berikut ini kami akan membantu kalian dalam membuka usaha warnet itu sendiri. Yuk simak bacaannya sampai habis pada artikel yang satu ini. 

Menghitung Modal Sederhana & Keuntungan Membuka Warnet 

Saat ini kalian bisa lho untuk membuka bisnis rumahan dengan modal yang dirasa masih cukup murah. Tidak usah terlalu tinggi, untuk membuka usaha ini cukup dengan 8 hingga 10 PC Second saja. Dan kami rasa modal yang ada akan balik 2x lipat nantinya dalam hitungan bulan. Berikut ini, kami akan berikan takaran perhitungan sebagai salah satu contoh kalian, untuk memulai bisnis Warnet ini sendiri. Perhitungan ini sudah kami dapatkan dari beberapa sumber yang pasti dan salah satunya dari situs 99.co. 

Perkiraan dalam Perhitungan Usaha Warnet : 

  • Menyediakan Komputer 8 hingga 10 Komputer Second saja. Rata-rata sih di angka 3jt rupiah udah lengkap sama CPU nya. Sisanya tinggal kalian poles saja lha ya, carinya sebisa mungkin yang rakitan. 
  • Menyediakan meja Warnet. Kami sarankan meja saja, kalian bisa membukanya dengan warnet lesehan terlebih dahulu untuk membuka usaha ini di awal-awal. Kalau menghitung satuan meja biasa di angka Rp. 350.000 – Rp. 500.000 tergantung dari gaya meja yang kalian pesan sendiri. 
  • Melakukan pemasangan jaringan Internet yakni Wifi. umumnya si menggunakan Wifi yang Meganya besar bukan ? perhitungan jika ingin seperti yang digunakan oleh Perusahaan di angka Rp. 600.000 – Rp. 1.000.000 dijamin kenceng deh itu. Soalnya kan pasti ada aja yang bermain game maupun sekedar menjelajahi dunia Google, jadinya merasa nyaman kami rasa untuk mengambil paket wifi dengan nilai segitu. 
  • Biasanya warnet harus ada penerangan dan membutuhkan Kabel Colokan bukan ? dihitung-hitung si Lampu Biasa hanya Rp. 50.000 + Lampu Tumblr di platform Online hanya Rp. 30.000 saja plus Kabel Sambungan yang dibutuhkan seandainya 1 Colokan bisa untuk 2 PC. maka kalian tinggal hitung saja angka yang dibutuhkan berapa dari masing-masing toko yang bisa kalian datangi di daerah kalian. 
  • Terakhir sudah pasti Headset Gaming dong. Di Warnet rata-rata menggunakan Headset untuk mendengarkan suara Game, Musik dll. Belikan saja headset Gaming yang second namun masih berkualitas. Atau belikan saja yang masih baru dengan harga di angka Rp. 70.000 – Rp. 100.000 untuk satu headset saja. 

Kalian coba hitung saja perkiraan ini, dan jangan kaget dengan total dari jumlah modalnya ya. Sebab, kalian disini juga akan mendapatkan keuntungan yang besar buat masa depan kalian lho. Dan enaknya usaha ini kalian hanya membutuhkan membayar Listrik sama Wifi saja, tidak seperti usaha lain yang habis barangnya harus ready stock atau apapun itu. 

Jika disini kalian mematok harga sewa dari setiap orang yang bermain adalah Rp. 10.000 untuk 1 jam nya, maka untung kotor  yang bisa kalian dapatkan senilai : 

R : 10.000 x 10 PC + 100.000.00- lalu kalian X 15 Jam masa sewa = 1,5 JT. hasil ini kemudian kalian selama masa kerja yakni 30 hari jadi = 45 JT keuntungan yang bisa didapatkan. 

Ini hanya hasil kotor saja ya, untuk hasil bersihnya bisa terlihat ketika kalian mulai membuat pengeluaran untuk : Membayar WIFI, lalu membayar OP Warnet jika kalian memakainya, dan membayar Listrik pastinya. Jika semua sudah kalian hitung, maka dari sinilah keuntungan bersih kalian bisa dapatkan. 

Tips dalam Membuka Usaha Warnet 

  1. Memilih Tempat yang Pastinya Nyaman

Usaha warnet ini akan banyak didatangi orang jika tempatnya sangat strategis. Namun jika dirasa kalian membuka usahanya di rumah, maka pilih saja sebuah posisi dari rumah kalian yang sangat strategis serta luas. Umumnya akan memakai wilayah garasi sih pastinya, atau sekedar memakai ruang belakang dan Gudang juga bisa kalian gunakan. Dari hal inilah kalian mulai untuk menata ruangan tersebut sedemikian rupa, dari Penerangan – Kabel dan Pemasangan Wifi. pastikan kembali, saat memasang kabel PC, jangan berantakan kemana-mana. Agar nantinya, tidak ada bahaya dari kabel tersebut. 

  1. Selalu Memperhatikan Nilai Untung dan Kerugian yang Matang 

Dalam dunia bisnis pastinya keuntungan dan kerugian datang silih berganti, hingga untung dan rugi ini bisa saja naik turun nantinya. Disini kalian juga bisa memikirkan adanya perkembangan dari bisnis kalian itu. Seperti dengan menyisihkan adanya pendapatan kalian dalam periode tertentu. Dari sini kalian bisa memulai untuk menghitung keuntungan dan kerugian yang ada. Jangan lupa untuk menyisihkan juga uang kalian minimal sekali di angka Rp. 500 – 1JT untuk sewaktu-waktu menyervis komputer kalian yang mendadak ada yang rusak. 

  1. Memulai dalam Menetapkan Audience 

Dalam setiap usaha, pastinya akan menyiapkan target audience atau target pasar market usaha itu sendiri-sendiri. Contohnya untuk menjual Bubur Bayi, kan nggak mungkin kalangan dewasa membeli untuk dimakan sendiri ? sudah pasti audience atau target pasar untuk marketnya ya anak bayi. Namun untuk usaha Warnet sendiri bisa dihitung audience yang datang umurnya dari Anak-Anak yang duduk di sekolah dasar – lalu anak-anak remaja, hingga orang dewasa sekalipun bisa lho menjadi Audience kalian. Dari umur yang berbeda-beda ini, kalian juga harus mempersiapkan adanya permainan Online zaman dulu hingga sekarang yakni : Adakan PB, DOT untuk anak-anak jaman dulu. Untuk anak-anak jaman sekarang, kalian sediakan saja PUB Emulator atau PUBG Mobile jika memang komputer kalian tidak terlalu support untuk mega besar. Bisa juga beberapa permainan Horor dan lainnya. 

  1. Mengetahui Cara Benar untuk Mengelola Usaha Warnet 

Karena kalian ini memiliki banyak tanggung jawab, otomatis kalian juga harus bisa memantau adanya biaya pemasukan dan pengeluaran serta selalu memonitor karyawan kalian selaku OP Warnet dan memantau orang yang sedang bermain di sana. Kalian bisa melakukan beberapa riset lagi, untuk memastikan kalian tidak akan jatuh masuk untuk mendapatkan kerugian yang mendalam. 

Itulah sedikitnya informasi yang bisa kami sampaikan saat ini. Untuk update artikel selanjutnya, juga ada disini. Maka dari itu, terus ikuti website yang kami miliki ini ya. Semoga Sukses Selalu untuk menjalankan Usaha Warnet ini. Jika nantinya ingin mencoba usaha hiburan lainnya, maka kalian bisa cek artikel selanjutnya yang akan membantu kalian, dalam membuka usaha Rental Playstation.

Analisis Peluang Usaha Membuka Seniman Tato

Saat ini dengan seiring perkembangan teknologi dan juga informasi, kini sudah banyak kok orang-orang yang sudah dapat dengan mudah informasi seputar asal muasal tato sehingga Stigma negatif yang tadinya ada semakin lama perlahan-lahan semakin mulai menghilang. 

Seni tato atau Seniman tato saat ini sudah banyak dan sudah mulai menyebar secara luas dan telah menjadi bagian dari Fashion. Umumnya sih para seniman tati untuk memulai usaha ini datang dari Hobi mereka melukis sesuatu. Terlebih lagi jika memang langsung mempelajari tato tersebut dengan kepemilikan langsung dari peralatan lengkap tato untuk permanen maupun untuk yang temporer. Misalnya saja dengan memulai langsung dalam menato diri sendiri, menato teman atau juga kenalan, sampai dengan kalian menyewa stand di acara bazar atau expo tertentu saja. 

Jenis-jenis dari guratan Tato ini semakin beragam. Dimulai dari Naturalis dengan adanya objek gambar yang berasal dari alam sampai dengan, Abstract berupa Tribal yang contoh dan juga Simplified ini berupa guratan dari garis-garis dan beberapa bentuk bidang yang lainnya. Nah untuk selanjutnya memang dikhususkan masuk pada skala perhitungan usaha seni tato permanen, dan bukan menjadi usaha bisnis merias tangan dengan Henna atau Mehndi yang jauh lebih banyak dikenal dengan Umar Muslim. Btw di India juga ada lho tradisi menggunakan tato seperti Henna ini sebelum melakukan upacara pernikahan ( ini si kalau nonton di filmnya abang Shahrukh Khan ya wkwkwkw ). 

 

Melihat Modal Usaha Studio Tato di Indonesia 

Dalam perhitungannya sendiri akan langsung dibagi menjadi 2 perhitungan. Yang mana Satu untuk modal dalam kepemilikan peralatan, dan Kedua masuk ke Sewa Tempat dengan dekorasinya. Tentu saja dalam hal ini kalian bisa memilih mana yang sesuai dengan kemampuan modal yang kalian miliki. Pastinya pada modal keterampilan membuat tato adalah hal paling mendasar yang harus bisa kalian miliki. 

Melihat Peralatan dalam Membuat Tato 

Jika nantinya kami memberikan harga-harga pada bacaan ini, maka ini adalah sebuah patokan biasa saja. Pasalnya, tidak semua kota memiliki modal harga yang sama dalam setiap produknya. Kadang beli langsung jauh lebih murah dibandingkan online, dan kadang juga sebaliknya. Adapun opsi alat transfer desain ke kerta Thermal dan ini semua bagi kalian yang membuat tato dengan cara langsung mengikuti desain dari Kerta Thermal. 

SET MESIN TATO : (1)  adanya 1x mesin Tato, (2) adanya 1X Power Supply, (3) adanya 1x Power Cord, (4) adanya 5x Sterile tattoo Needles, (5) adanya 20 x 1 Botol untuk tato inks yang 5ml untuk per botolnya, (6) memiliki 10x ink cups, (7) memiliki 10x Grommets, (8) memiliki 10x Rubber Mesin O’Rings, (9) 10x adanya mesin tato rubber hands, (10) 3x adanya Adjust Tools, (11) 1x untuk Foot Switch, (12) 1x untuk Clipboard, (13) 1x untuk mesin tato Alloy grip.

Setidaknya kalian harus mengisi dengan kursi Tato sebagai posisi tato : Patokan 1.400.000, lalu untuk Meja Lipat dari harga 200 hingga 300 ribu, lalu jangan lupa Spidol Skin Marker dengan harga 30.000, lalu jangan lupa memakai sarung tangan karet  dengan 1 box berisi 50 pcs bisa mudah ditemukan di marketplace online dengan harga dari harga Rp.70.000 hingga 100.000 rupiah. Biasanya para seniman juga membutuhkan alat dalam mensterilkan peralatan yang senilai Rp. 1,300.000 rupiah. Jangan lupa untuk Vaseline Petroleum Jelly yang kemasannya hanya 50 gr dan harga pasaran Rp. 30.000 rupiah ditambah dengan Plastic Wrap ukuran 28 cm 2 gulung saja cukup senilai Rp. 24.000 rupiah. 

Sediakan juga Tissue Facial 1 box dengan harga Rp. 30.000 rupiah dengan Box Container 100 L dalam menyimpan peralatan sehabis digunakan Rp. 135.000 dan terakhir untuk tempat pembuangan sampah berupa Polybag Hitam yang ukuran 60 x 100 cm senilai Rp. 17.000 isi 20 PCS. sehingga TOTAL yang diperkirakan habis senilai : Rp. 3.386.000 Rupiah. 

 

Melihat Opsi dari Peralatan Tato 

Menyelesaikan Tato Kit dengan 2 Tato Mesin Peralatan Tato Power Supply Kit (dengan Jarum, Senjata dan Tinta)|complete tattoo kit|tattoo kitcomplete tattoo - AliExpress

Jika peralatan awal sudah tersedia semuanya, maka dalam hal ini kalian harus melihat Optional atau yang dimaksudkan dengan adanya alat dalam mentransfer desain tato ke kertas Thermal paper yang kemudian bisa kalian tempelkan.

> Thermal Stencil maker sendiri bernilai Rp. 2,400,000-

> Thermal Paper yang digunakan untuk mentransfer desain tato yang isinya hanya 5 lembar seharga Rp. 35.000 saja. 

Lalu adanya opsional untuk para customer selama di tato hanya sebuah alternatif kenyamanan saja yang diisi oleh tempat duduk empuk dan juga kursi khusus untuk menato. Jika kalian bingung, maka cari langsung saja Portable Bed yang biasa digunakan untuk customer berposisi tidur jika memang memerlukan tato pada bagian punggung dengan waktu yang lama atau memang bagian tempat tato tersebut sulit. Minimal banget dana yang keluar adalah Rp. 1jt. 

 

Memperhitungkan Studio Tato 

Dengan memilih langsung lokasi dari studio Tato memang memerlukan adanya sebuah pertimbangan antara lain : jauh melihat karakteristik lingkungan di sekitar. Walau tato sudah mulai diterima luas oleh masyarakat Indonesia, ada juga kok beberapa lokasi yang mungkin kurang tepat untuk usaha yang kalian jalankan. Pastikan saja Lokasi kalian ramai untuk dilalui oleh pangsa pasar kalian meskipun, para pelanggan kalian ini berasal dari pelanggan lama atau hanya sekedar informasi melalui internet atau lingkungan penggemar seni tato itu sendiri. 

Charlotte, NC Tattoo Shop | Canvas Tattoos

Lokasinya saat ini bisa langsung disandingkan atau disamakan dengan tempat usaha lainnya. Seperti : Studio Musik, Cafe, Tempat Cukur Rambut, Toko Distro dan beberapa tempat lainnya yang memang casual. Mungkin untuk hal ini kalian bisa bekerja sama dalam menyewa sebagian tempatnya di lantai atas dan masih bisa nih menaruh banner di bagian bawah toko tersebut. Jangan lupa, akses untuk bisa sampai ke studio tato yang kalian miliki. 

 

Menghitung Biaya Operasional Listrik dan Sewa Tempat 

> Sebisa mungkin kalian untuk menyewa sebuah ruangan dengan bentuk kamar kecil saja dan memiliki wastafel mininya 6×8 m. Umumnya memiliki harga Standar Rp. 1jt – 2jt saja. 

> Biaya untuk tenant per bulan terhitung Rp. 50.000.00

> Biaya Listrik yang memang telah digunakan disana senilai Rp. 1jt an ( jika memang pemakaiannya banyak ).

> list juga stand banner yang ada di luar ruangan senilai Rp. 95.000 yah. 

 

Menghitung Harga / Tarif Jasa tato 

Hanya sedikit informasi saja, bagi bidang jasa seperti seni tato ini maka hitungan biaya dari jasanya sangat relatif. Walau demikian, ada juga kok yang sudah menyiapkan hingga puluhan juta oleh beberapa seniman tato profesional. Karena saya penggemar Semprod di Kuy Entertainment, kemarin saya melihat seniman tato yang mengukir tato dari Papa Gading Marten mencapai Rp. 45.000.000 rupiah lho. Itu memang bagi para profesional, jika kalian masih awam maka kami sarankan si konsep perhitungannya seperti : 

> Biaya untuk per cm nya adalah Rp. 25.000 rupiah.

> Jika bermain pada penggambaran tato yang realism atau 3D Realis, maka hitungan permainannya per jam dan 1 jamnya bisa kalian asumsikan saja dengan tarif Rp. 750.000 rupiah. 

> Jika baru mengerjakan tato dengan sifat Non Realism atau Tidak terlihat Nyata maka senilai Rp. 300.000 dengan bidang 12 cm dan juga estimasi kalian bisa menyelesaikan selama 30 menit. 

Itulah sedikitnya informasi yang bisa kami berikan bagi kalian yang memang ingin membuka usaha menjadi Seniman Tato di Indonesia.

Mempelajari Kesenian Tato di Indonesia

Jika kalian memiliki hobi atau kepiawaian dalam dunia seni Tato, maka mulailah mendalami hal tersebut. Pasalnya, dalam hal ini sudah mampu menghasilkan keuntungan yang nyata. Jadi, sudah saatnya kalian mempertimbangkan untuk memiliki Studio Tato sendiri. Lalu bagaimana ya prospek keuntungan dan juga modal usaha dari membangun Studio tato itu sendiri ? sebelum benar-benar membuka peluang usaha tersebut saatnya bagi kalian untuk mempelajari adanya kesenian tato yang ada di indonesia. 

Kesenian tato sendiri sudah kerap kali memiliki stigma yang negatif, hal ini lantaran sudah disebabkan tidak sedikit pelaku kriminalitas yang aman tertangkap tangan oleh polisi memiliki tato di sebagian hingga full tubuhnya tersebut. Masyarakat yang memang masih awam mengenai asal usul dari hadirnya kesenian yang satu ini, pastinya bisa menyimpulkan bahwa Tato identik juga dengan pelaku kejahatan yang ada. 

Di Indonesia sendiri  pada tahun 1980, saat maraknya operasi penembakan misterius atau Petrus dari aparat keamanan tidak sedikit juga yang menyasar pelaku dengan berdasarkan dari ciri-ciri yang memiliki tato. Banyak sudah orang-orang menjadi takut untuk memiliki tato di bagian tubuhnya terkecuali, pastinya suku di Indonesia memang memiliki tradisi tato itu sendiri. Yuk pelajari lebih dulu ada berapa banyak si Tato di Indonesia yang bisa kalian pelajari ? 

 

Mempelajari Tato Suku Dayak Indonesia 

Menelusuri Makna di Balik Eksotisnya Tato Dayak

Adanya Tato Suku Dayak ini bukan hanya sekedar seni saja, namun menjadi bentuk akan keselarasan yang ada. Walau demikian tidak semua Suku Dayak sudah menggunakan tato. Pada Suku Dayak, adanya sebuah peletakan posisi tato pada tubuh yang memang tidak boleh sembarang saja dibuat. 

Tato yang ada di suku Dayak sendiri sering disebut dengan Tutang, yang mana diyakini langsung warnanya akan berubah sendiri dari warna hitam menjadi warna emas dan akan langsung menjadi penerang jalan mereka menuju keabadian, dan jalan yang memang seharusnya mereka tempuh setelah mengalami proses kematian. Umumnya motif tato pada suku Dayak ini bisa diambil langsung dari simbol Alam dengan contoh : Tato Burung Elang, Melambangkan Dunia Atas, lalu motif ini biasanya memang dimiliki oleh para bangsawan Suku Dayak. 

 

Mempelajari Tato Suku Mentawai 

Tato Mentawai, Simbol Jati Diri Suku Mentawai - Kebudayaan Indonesia

Lalu yang kedua adanya Tato di kalangan Suku Mentawai dan dikenal sebagai istilah TITI, sedangkan orang yang membuat tato sendiri dikenal dengan nama SIPATITI atau SIPANITI. Bagi suku Mentawai tato ini sendiri adalah simbol keseimbangan dan juga keindahan, jadinya mereka bisa meyakini tato ini sebagai pakaian indah yang akan langsung dibawa hingga mati. 

Jadi Sipatiti dan juga Sipaniti ini biasanya akan diberi imbalan yang berupa seekor babi atau adanya beberapa ekor ayam sebagai tanda jasa mereka. Nah disini tato juga sudah menjadi simbol profesi para Suku Mentawai. Dimulai langsung dari Penjaga Hutan, Pemburu sampai dengan Kepala Suku. Proses dari pembuatannya sendiri hanya menggunakan jarum yang terbuat langsung dari tulang hewan yang kemudian bisa dicelupkan ke dalam pewarna yang terbuat langsung dari sari tebu dan juga arang. Nah, pembuatan tato ini sendiri dengan cara jarumnya dipukul-pukulkan ke bagian tubuh yang saat itu hendak dilakukannya penatoan. 

 

Mempelajari Tato Suku Moi 

Tradisi Tato Suku Moi » Budaya Indonesia

Suku Moi sendiri menjadi suku yang sudah lama hadir di Indonesia. Bagi kalian yang asing, sebagai pemberitahuan saja jika Suku Moi ini bermukimkan di daerah Sorong – Papua Barat yang diyakini sudah memiliki tradisi tato sejak zaman Neolithikum. Motif tato ini dirajah pada bagian tubuh dada, pipi, betis hingga kelopak mata, daerah pinggul hingga punggung. Bentuk yang sangat umum sekali dari tato Suku Moi berupa Geometris, Garis-Garis Melingkar lalu adanya titik-titik yang terbentuk langsung menjadi segitiga kerucut. 

Generasi terkini dari Suku Moi sudah sangat jarang sekali memiliki tato yang ada di tubuh mereka seiring dari perkembangan zaman yang ada. Walau demikian upaya dalam melestarikan adanya adat istiadat asli Suku Moi ini masih terus saja dilakukannya melalui sekolah adat dalam “ Rumah Kambik “. sebagai tambahan Informasi saja, Rumah kambik ini adalah rumah adat yang langsung saja dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan adat Suku Moi. pendidikan adat ini memang sudah langsung diselenggarakan sebelum masuknya agama Kristen ke tanah Malamoi. Dan disinilah pemuda Moi langsung dididik untuk menjadi anggota dewan adat atau pemimpin adat yang ada. 

 

Tato dalam Agama Islam 

Nyatanya dalam Islam, tato juga ada lho dan lebih banyak dikenakan oleh para wanita muslimah. Namun tato sendiri yang dikenal umat islam berbeda dengan adanya tato pada umumnya. Untuk tato ini sendiri disebut dengan Henna atau Mehndi yang merujuk pada Body Art Painting di bagian tertentu tubuh dan juga bersifat temporer atau sementara. Henna sendiri menjadi bahasa latin dari tanaman Lawsonia Inermis. Salah satu tanaman tertua di dunia yang mana juga digunakan sebagai bahan kosmetik di masa lampau. 

Hukum Memakai Henna bagi Perempuan Saat Menikah - Bincang Syariah

Hal ini langsung saja ada di dalam sebuah hadis kurang lebihnya seperti : Seorang wanita yang mana menjulurkan tangannya di balik tabir, maka di tangannya akan ada tulisan bagi sang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam. Dan ternyata Rasull sendiri menahan tangan beliau dan berkata langsung “ Saya tidak Tahu, apakah ini sebenarnya tangan laki-laki atau tangan perempuan. Dan dari sini sang wanita menjawab “ ini adalah tangan wanita” . Dari sini Nabi Shallallahu Alaihi Wa Salam bersabda juga “ Jika kamu ini adalah seorang wanita, maka seharusnya kalian bisa mewarnai jari-jarimu dengan Henna. Kurang lebihnya ini semua ada di dalam Hadis Riwayat (HR) Abu Daud 4166 yang langsung dihasankan oleh Al-Abani dalam Sahih Abi Daud. 

 

Mempelajari Tato dari Seniman Terbaik di Dunia 

Jika sudah mempelajari hadirnya macam-macam jenis tato yang ada di Indonesia, maka kali ini kalian bisa mempelajarinya langsung dengan melihat para seniman Tato terbaik di dunia ini !

Seniman Tato Brandon Bond – yang mana ini adalah salah satu seniman tato yang paling sukse dan juga paling dipublikasikan di dunia. Dirinya sudah memiliki beberapa toko yang berbasis di Atlanta seperti All or Nothing Tato dan juga Anti Seni Elite. 

Seniman Tato Scott Campbell – Client yang termasuk Marc jacobs, lalu Josh Hartnett dan juga Alm. Heath Ledger. Disini dirinya bisa mengkhususkan diri dalam sebuah tipografi dan juga ornamen antik. Dirinya sendiri bisa melakukan Desain tato klasik seperti halnya Jangkar dan juga kapal berlayar. Disini kalian bisa bertemu dirinya hanya selama akhir pekan saja akibat sibuk dengan usaha lainnya sebagai desainer iklan. 

Seniman Tato Anil Gupta – untuk seniman yang satu ini terkenal sebagai seniman tato potret dan juga rendition akurat. Dirinya juga sering melakukan berbagai macam pola rumit seperti halnya pola Celtic Knotwork. Kemampuan lainnya bisa juga untuk menirukan adanya lukisan dari Leonardo da Vinci serta Salvador Dali menjadi seorang tato. Beberapa Client seperti selebriti John McEnroe, Christian Slater dan juga Roosie O’ Donnell. 

Seniman Tato Nick Baxter – asalnya sendiri dari Amerika Serikat disebut langsung sebagai artis tato paling tersohor di dunia. Padahal untuk usianya sendiri masih 30 tahun. Dirinya sendiri memang sangat gemar sekali melukis, jadinya saat membuat gambar diatas kulit tidak susah dan menjadi jauh lebih baik lagi. 

Itulah beberapa hal awal yang bisa kalian lakukan sebelum terjun dalam membuka bisnis menjadi seorang seniman tato. Yuk cek lagi di artikel berikutnya apa saja yang bisa kalian lakukan dalam membuka bisnis tato yang ada di Indonesia.

Kepakan Sayap Bisnis dalam Dunia Karaoke

Kalian pernah mendengar adanya bisnis Karaoke Keluarga ? jika pernah, kapan kira-kira bisnis ini mulai ada di Indonesia dan mulai berkembang dengan baik ? hal ini bisa kami kira-kira bisnisnya mulai ada sejak 5 tahun yang lalu. Khususnya, hampir ada di setiap kota Indonesia. Namun, tidak terdeteksi dengan jelas apakah itu karaoke keluarga atau karaoke bisnis pada umumnya saja. Pasalnya, memang selama 5 tahun belakangan ini dari kemunculan bisnis hiburan tersebut, masih sedikit tertutup dan belum banyak orang-orang mengetahui bisnis tersebut. 

Dari awal kemunculannya, memang untuk bisnis ini sendiri sempat diragukan masalah prospek  kedepannya. Karena apa ? hal ini memang dikarenakan Karaoke sendiri sudah lama dikenal oleh masyarakat di luaran sana yang sudah sering bermain dengan seni hiburan tersebut. Dengan adanya sbobet88 bola dan kebiasaan bernyanyi di kalangan masyarakat ini, baik yang memiliki kemampuan suara bagus sampai yang beanr-benar fals saja juga berani memakai hiburan Karaoke ini. Pasalnya, mereka yang mendengarkan suara fals tersebut menjadi suara yang masih diterima oleh telinga pendengar lainnya yang ada di dalam ruangan tersebut dengan bantuan : Sound System, Monitor, Mic dan semua biayanya tidaklah murah. Belum lagi ruangannya harus kedap suara agar tidak mengganggu khalayak lainnya.

Dulunya hanya para elit atau orang-orang yang memiliki modal besarlah yang bisa membangun bisnis hiburan tersebut. Mereka mendirikan tidak hanya 1 atau 2 ruangan, tapi membuat beberapa ruangan yang mana di setiap ruangannya memiliki Komputer, Monitor, Sound System hingga Mic untuk bernyanyi. Dari sini mulai dikenal dengan rumah bernyanyi dan booming begitu saja. Untuk lebih lengkap, modal dan segala macam pada bisnis hiburan Karaoke Keluarga. Maka , kalian bisa lihat semuanya hanya pada artikel yang satu ini. 

Melihat Modal Utama pada Pembuatan Bisnis Karaoke Keluarga 

Dalam hal ini, kami akan berikan sedikitnya penggambaran anggaran yang bisa dipersiapkan oleh kalian untuk, membuat karaoke keluarga sesuai dengan standar yang ada. Semuanya dimulai dari : 

  1. Peralatan karaoke : Mic – Komputer – Software – Monitor yang minimalnya modal kalian Rp. 10.000.000 hingga Rp.12.000.000 rupiah.
  2. Mengikuti pelengkap lainnya, Sofa dengan Meja : Rp. 5.000.000 rupiah.
  3. Dekorasi pada ruangan , paling utama adalah peredam suara yang di tempel di dinding : Rp. 3.000.000 sampai Rp. 4.000.000 rupiah.
  4. Penggunaan papan nama beserta dengan Aksesorisnya senilai Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 1,500.000 rupiah. 

Jika di total, semuanya memiliki total sebesar Rp. 19.000.000 sampai dengan Rp. 25.000.000. Rupiah. 

Jangan kaget juga ya, jika modal yang barusan saja kami beritahukan ini hanya untuk satu paket Karaoke Keluarga per satu ruangan saja. Bagaimana jika kalian membuat 5 atau lebih ruangan lainnya ? bisa diperkirakan sendiri ya modal yang kalian butuhkan berapa banyak. Belum lagi jika kalian masukan biaya operasional lainnya yang mencakup Listrik, Karyawan, Air, lalu Wifi dan beberapa unsur pendukung lainnya. 

Walau modal awalnya untuk membuat bisnis karaoke keluarga terbilang sangat tinggi, namun masih ada prospek peluang usaha lainnya yang sungguh sangat menggiurkan sekali. Contohnya seperti Bunda Inul Daratista, lalu ada Ahmad Dhani, Anang , Syahrini, dan tokoh-tokoh ternama lainnya tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan peluang usaha yang sangat amat potensial ini. 

Untuk mengkalkulasikan perhitungan dasar pada omset yang ada cukup murah. Misalnya saja perjam kalian memasang tarif Rp. 50.000 dan lama operasinya dari jam 10 hingga 1 malam, ruangan yang kalian miliki 5 hingga 10, lalu kalikan saja berapa kira-kira yang memang bisa dihasilkan. Kita ambil praanggapan nilai seharinya atau untuk per ruangan mendapatkan tamu 8 jam, yang berarti 8 x 50.000 = 400.000 dan kalian kalikan saja 10 ruangan menjadi = 4.000.000 dan kalian kalikan saja selama 30 hari atau kalian beroperasi 26 hari menjadi = Rp. 120.000.000 rupiah. Gimana nih ? solusi usaha yang menggiurkan bukan ?

 

Tips Didalam Mengembangkan Bisnis Karaoke Keluarga yang Berkembang 

Lokasi yang dibutuhkan – memang sudah menjadi sesuatu yang sangat amat berpengaruh bagi perkembangan bisnis karaoke yang ada. Tempat yang dimaksudkan bukan berarti mengajak kalian untuk membuka bisnisnya di pinggir jalan raya, lalu tidak mesti di tengah kota, atau juga di pusat keramaian. Yang penting, kalian menyediakan lahan parkiran yang aman, nyaman juga menjadi letak yang sangat strategis untuk seluruh pelanggan kalian yang berkunjung nantinya. Ingat, keamanan menjadi kualitas nomor satu bagi para pengunjung setia yang ada di tempat karaoke kalian. 

Melihat pelayanan dari karyawan yang ada – memiliki karyawan yang ramah, lalu cepat respon, maka akan menjadi sebuah magnet yang kuat agar nantinya pengunjung tersebut akan datang terus menerus dan bisa saja mereka mengajak teman-teman lainnya. Jika diperlukan, gaetlah para karyawan yang tampan dan cantik. Pasti deh, kaum adam dan hawa yang pernah datang akan ketagihan untuk datang kembali. 

Kualitas dari tempat karaokenya – terkadang masih mendapatkan kesalahan yang fatal dan kerap kali dilakukan bagi para pebisnis pemula. Dimana, mereka semua masih memperhitungkan adanya biaya dibandingkan dengan adanya kualitas yang sudah diberikan kepada para konsumennya. Dimana, dalam menjalankan bisnis karaoke tidak boleh sembarang asal main dan asal dirikan saja. Tapi, harus memiliki perhitungan matang dengan segala kualitas terbaik yang ada di dalamnya. Karena jika ada salah satu komponen rusak, katakan itu Mic atau bagian Sound System, sudah pasti kalian akan dicap memiliki kualitas yang bagsu untuk pengunjung yang ada di sana. 

Pendekorasian Ruangan karaoke – dekorasi bukan hanya sembarang dekorasi saja lho, akan tetapi juga meliputi pada bagian dari ruang tunggu, lalu dari meja kasir, WC dan perihal lainnya yang harus bisa menarik, bersih, sampai pada pencahayaannya bagus agar kiranya sangat sedap sekali jika sedang dipandang oleh mata. 

Diskon dan Promosi – dari segala aspek yang ada, pasti kompensasi perihal diskon dan promosi inilah yang sangat amat dicari. Terlebih lagi jika ini benar-benar menarik, sudah pasti deh sangat diincar.

 

Solusi untuk Menjalankan Bisnis Karaoke Keluarga 

Untuk kalian yang memiliki keinginan besar dengan modal yang sudah dipersiapkan dalam bidang hiburan, maka saingilah bisnis Karaoke Keluarga ini. Namun, diantara kalian memang sudah memiliki keinginan akan tetap terkendala adanya modal yang besar bukan ? berikut ini kami akan berikan solusi terbaik dalam menjalankan adanya bisnis Karaoke dengan konsep dari penyewaan atau bisa saja dengan menggunakan jasa rental tempat. Disini, kita bisa memerlukan adanya tempat atau rumah sebagai tempat utamanya. 

Ruangan yang dipergunakan memang sangat khusus. Jangan lupa, kalian buat saja yang berbentuk mini dengan diisi lengkap oleh 1 buah laptop dengan disk space yang mana tinggi untuk menampung adanya software dengan ribuan hingga jutaan lagu di dalamnya. Tidak ketinggalan, kalian harus menyiapkan proyektor kecil , lalu ada Amplifier dan juga ada Speaker Elektron minimal sekali 6 buah. 

Sebelum benar-benar merancang adanya alat karaoke, ada baiknya kalian konsultasikan lebih dahulu kepada ahlinya soal rakit merakit paket tersebut. Setelah dirasa semuanya sudah selesai, maka kalian hanya tinggal melakukan promosi yang baik melalui teman, kerabat ataupun menyebar langsung brosur yang ada. Disini kalian bisa membuat nama usaha karaoke yang mana mampu menarik perhatian dan juga mudah sekali diingat.

Jangan lupa, kalian bisa terapkan tarif yang sesuai dalam usaha karaoke ini. Misal saja dimulai dari angka Rp. 150.000 hingga ratusan ribu lebih per malamnya. Dan ini menjadi salah satu peluang besar lho dalam dunia hiburan. 

Melihat Peluang Usaha dari Bidang Kesenian

Apakah kalian setuju dengan orang-orang yang memiliki prinsip “ Bekerjalah kalian sesuai dengan hobi dan kemampuan kalian masing “ atau justru kamu lebih setuju dengan orang-orang yang memiliki prinsip “ Bekerjalah sesuai dengan kebutuhan yang ada, senang tidaknya dijalani asal setimpal dengan harga ! “ …. 

Hobi yang termasuk kedalam pekerjaan kalian memang bisa mendatangkan uang, termasuk lagi dalam dunia Kesenian. Bagi kalian yang menggeluti langsung pekerjaan di bidang ini, tidak hanya kalian untung namun juga bisa berkarya di dalamnya. Bisnis ini sendiri akan selalu diminati oleh kebanyakan orang, terutama lagi jika kamu adalah penyuka dan penikmat seni. 

Pada dasarnya, semua hobi ini bisa saja mendatangkan  banyak uang. Jika saja jauh lebih jeli di dalam mengenali peluang pada bidang tersebut. Hal ini juga bisa berlaku bagi yang sudah memiliki hobi seni, mengingat lagi ada banyak sekali usaha yang mana sudah yang memang sudah bisa dijalankan dan masih berhubungan langsung dengan bidang yang satu ini. 

Walau demikian, tidak sembarang orang rupanya yang bisa menggeluti pekerjaan ini. Jika kalian salah satu diantara orang-orang yang tidak memiliki ketelitian dan juga jiwa seni, maka karya yang memang dihasilkan tidak akan memuaskan dan justru membuat kalian jadi merugi besar. Lagian untuk masalah seni ini, akan sangat menyangkut tentang suasana hati atau mood yang kalian miliki. Jadi, maskimalkan suasana hati kalian jika ingin membuka sedikitnya peluang usaha dari hasil kesenian yang sudah mendarah daging menjadi lahan bisnis kalian dikemudian hari. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang berkesempatan besar untuk membuat keuntungan di bidang kesenian. 

Anak Mudah Berurusan dengan Clothing Line 

Selera seni lambat laun makin maju dan berkembang. Buktinya dalam beberapa tahun terakhir ini selera seni dari kebanyakan orang sudah mengalami perubahan yang signifikan. Terutama sekali bagi kalian para kawula muda, yang jauh lebih suka dengan sesuatu serba unik dan berbeda pastinya. 

Jika dirasa kalian memiliki hobi dalam mendesain, maka kalian bisa memilih untuk mendirikan langsung Clothing Line yang menjadi langkah tepat. Kalian bisa langsung membuat kaos dengan beragam desain yang unik dan menarik, sehingga para calon konsumen jauh lebih mudah tertarik dan pasti bisa langsung membelinya. 

Mainkan rasa keorisinilan kalian dan juga kemampuan kalian dalam mendesain sesuatu serba unik, menjadikan ini suatu hal yang memang wajib dimiliki untuk kedepannya bisa merasakan hal sukses pada bidang yang satu ini. Jadi sebisa mungkin, kalian harus mempertimbangkan hal tersebut dalam setiap pengerjaan desain yang ada. Terlebih lagi, kalian bisa menggunakan yang namanya bahan kaos yang sangat amat nyaman agar nantinya, pihak konsumen bisa mendapatkan produk yang bermutu baik dari diri kalian sendiri. 

 

Bermain dengan Kaca pada Pembuatan Handcraft 

Yo ayo , untuk kalian yang hobi melakukan kesenian melukis. Maka, membuat usaha dengan karya beragam dari Handcraft yang menarik tentu saja akan sangat amat menyenangkan. Jangan hanya kalian melukis saja di kanvas, coba kalian bisa memilih media lainnya yang terlihat jauh lebih menarik dan akan terlihat tidak biasa. Seperti halnya, pada permukaan kaca. Kalian bisa dengan mudah lho untuk menyalurkan hobi melukis, sekaligus bisa mendapatkan keuntungan atas penjualan dari handcraft yang bisa kalian lakukan. Untuk pemasaran dari karya kalian ini dengan cara pemasaran online melalui sosial media ataupun melalui berbagai macam market place yang ada. 

Indahnya Menjadi pelukis Karikatur 

Sepertinya dengan hobi kalian yang satu ini bisa menjadi sumber penghasilan kedepannya deh buat kalian. Karikatur sendiri menjadi karya seni yang lucu sekali untuk bisa kalian pajang di Ruang tamu, Kamar atau tempat kerja kalian. Memang lawas, namun tetap memiliki banyak sekali penggemar kok di dalamnya. Jadi, tidak ada kata rugi sebelum benar-benar kalian berani mencobanya. Karikatur sendiri masih menjadi karya seni yang banyak dicari oleh orang-orang di luaran sana sebagai salah satu karya yang bisa dijadikan kado atau hadiah untuk seseorang. 

Banyak sudah bukan yang membuka bisnis karikatur ini, untuk membuat hadiah bagi pasangan kekasih, lalu bisa dalam bentuk gambaran ketika seseorang sedang wisuda, dan masih banyak lagi jenis usaha lainnya yang dikembangkan. Dengan kalian memanfaatkan hobi melukis ini dengan semaksimal mungkin, maka kalian bisa saja menerima lebih banyak orderan melalui media sosial atau media online lainnya yang terasa jauh lebih mudah untuk kalian rasakan. 

 

Coba Melihat Fakta dari Peluang Bisnis dengan Lukisan Kertas

Tumpukan Kertas Ini Disulap Menjadi Lukisan 3D yang Menakjubkan

Jika jiwa kalian memang sudah seniman, pasti bisa melihat adanya peluang bisnis yang satu ini dong ? peluang bisnis ini sudah terkenal dengan nama lukisan kertas. Dimana bisnis seni ini mengundang : 

1) Karya yang unik dan kreatif 

Karena memang melukisnya dengan menggunakan kertas, sudah pasti ini menjadi karya yang berbeda dari lainnya. Walau bahan yang digunakan cenderung mudah untuk bisa didapatkan, namun untuk hasilnya sendiri memiliki nilai dan juga ciri khas sendiri yang tidaklah mudah untuk didapatkan. Sebab inilah, mengapa memang membutuhkan keahlian yang khusus di dalam membuatnya. 

Jadi, jika kalian memiliki bakat dalam bidang seni lukis maka bisa mencoba untuk membuat produknya tersebut. 

2) Lukisan Kertas masih sangat langka dan kecil persaingannya

Memang benar adanya, karya ini sendiri jika dijadikan sebuah bisnis maka kalian akan melihat peluang yang kecil terhadap pesaing yang ada. Hal inilah, mengapa peluang bisnis lukisan kertas bisa sangat amat bagus. Karyanya sendiri sudah tergolong luar biasa dan juga memang belum populer dikemnbangkan di Indonesia. Jadi, untuk kalian kawula muda yang memiliki kreatifitas tanpa batas cobalah bisnis seni yang satu ini. 

3) Modal usahanya tidak besar

Salah satu yang menjadi keunggulan dari lukisan kertas ini adalah modal yang tidak banyak. Kalian hanya membutuhkan modal sedikit saja, karena adanya bahan-bahan yang sudah dibutuhkan juga sangat amat mudah ditemukan dengan harga yang jauh lebih terjangkau lagi. Sebut saja alat dan bahan yang mudah seperti : Kertas HVS, lalu Spidol, Gunting dan alat pendukung lainnya. Dengan kreatifitas kalian, pastinya bisa mengelola bisnis ini menjadi sangat baik dan modal yang ada dalam waktu terdekat akan kembali lagi. 

4) Memiliki omzet dengan laba yang menjanjikan 

Dari menjual karya seni lukisan kertas ini, dijamin kalian akan mendapatkan omzet berkali-kali lipat di setiap bulannya jika memang mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produk dengan cara yang benar-benar tepat. Jika mau, kalian bisa bermain pada sistem borongan kok. Layaknya menjual pernak pernik dalam bentuk souvenir atau mini kado yang murah meriah namun, tetap berkelas. 

Contohnya : modal awal kalian hanyalah 1jt rupiah saja. Kemudian, kalian mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan karya tersebut melalui media sosial. Orderan yang datang sekitar 20 di bulan awal. Karya dari lukisan kertas untuk satuan biasa dibandrol dengan harga 200 ribu per buah tergantung dari, tingkat kesulitannya. Jadi jika dihitung-hitung, 20 buah dikalikan 200.000 maka omzet per bulan saja sudah mencapai 4 juta rupiah. 

Untuk apalagi berlama-lama, yuk bergegas diri dalam mencapai kesuksesan di bidang karya seni saat ini juga !!

Anak Muda Asia Sukses di Bidang Seni 

Sukses di usia muda bukan menjadi sebuah hal yang tabu. Kesuksesan bukan hanya dikaitkan dengan soal kemapanan usia atau juga tentang modal yang besar saja, tetapi juga tentang tekad, kreativitas, kerja keras, dan juga sebuah kesabaran. Masa muda tak hanya harus diisi dengan hura-hura saja, tetapi juga bisa memabangun sebuah karis dan juga usaha untuk dapat meraih sebuah kesuksesan. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi menjadi pemicu yang bermunculan tentang enterpreneur muda yang juga tak bisa dipandang dengan cara “sebelah mata”, khususnya juga yang ada di kawasan Asia. Forbes pun sempat merilis 300 anak muda yang bermain di joker123 berusia dibawah 30 tahun yang sudah berhasil dan  sukses memiliki sebuah pengaruh yang ada  dalam berbagai bidang.

Anak Muda Asia Sukses di Bidang Seni 

Khususnya seni, seperti halnya wirausahawan, seniman, fotografer, dan juga desainer. Kita tentunya patut berbangga karena yang ada di antara generasi muda yang ada di Indonesia berhasil mendapatkan sebuah penghargaan tersebut. Seperti yang sudah dilansir dari Forbes.com yaitu beberapa anak muda yang ada di seluruh dunia yang sudah dapat berhasil membuktikan diri mereka dengan  berbagai macam prestasi, kreativitas, dan juga berbagai kerja keras mereka  yang ada dalam meraih sebuah sukses yang ada di bidang seni.

Kelvin Ho (22 tahun) dan Peter Mai (27)-Co

Kelvin Ho pemuda asal China dan juga Peter Mai dari Hong Kong yang berhasil mendirikan Black Bear Asia, perusahaan yang berbasis Business to Business (B2B) yang juga berhasil untuk dapat mendistribusikan wine yang ada dari Amerika Utara ke beberapa klien besar. Pendapatan perusahan tersebut tak bisa dianggap remeh, yaitu 2 juta Dolar AS atau yang setara dengan 26 miliar selama 10 bulan berjalan yang ada di tahun 2015. Mai sebagai seorang general manager yang tumbuh di wilayah Amerika Serikat. Sedangkan, Ho yang lahir di Shanghai dan kemudian dirinya pindah ke Hong Kong untuk menyelesaikan pendidikan.

Liliana Chan (Director, Dadi Creative Dining)

Liliana Chan adalah anak muda yang berasal dari Hong Kong. Setelah dirinya sudah menyelesaikan sebuah pendidikan teknik dan juga ekonominya  di Stanford University, Liliana kemudian bekerja sebagai seorang bankir di negara Hong Kong. Chan pada akhirnya memutuskan untuk mengikuti semua passionnya yang ada di bidang makanan. Ia pun yang pada akhirnya mendirikan Dadi Catering Ltd, sebuah Catering yang berfokus untuk dapat menjual hidangan sehat yang digunakan untuk generasi muda China.

Angel Chen  (Desainer dan pendiri Angel Chen)

Angel Chen yang merupakan  sebuah perempuan muda yang berasal dari China, dirinya mendedikasikan masa mudanya untuk dapat berkontribusi di dalam bidang industri fashion yang ada di dunia. Koleksi dari desainnya yang merupakan kombinasi yang ada antara ragam bahan kain yang berwarna tegas dan juga dengan desain yang unik. Salah satu dari contoh karya Chen yaitu pada koleksi S/S di tahun 2016 yang dimana dirinya berhasil mengkombinasikan warna pink metalik, kuning mustard yang terang, dan juga biru kobalt.

Ronson Culibrina Seniman

Ronson yang merupakan pria yang berasal dari negara Filipina yang juga berhasil melukis dan mewarnai figur dekonstruktif, simbol, dan juga beberapa elemen lainnya yang digunakan untuk mengubah stereotip masyarakat luas. Ronson menimba ilmu seni rupa di Technological University the Philippines pada 2011. Dirinya adalah menjadi orang yang berhasil untuk dapat melakukan sebuah pameran tunggal di sebuah The Michael Janssen Gallery, Berlin, yang ada di Jerman.

Pooja Dhingra  Pemilik Chef Le15 Patisserie

Pooja Dhingra adalah seorang merupakan sebuah perempuan India yang memang dijuluki “Macaron Queen” dan dirinya lulusan dari Le Cordon Blue. Dhingra yang merupakan orang yang membangun restoran Le15 Patisserie yang ada di Mumbai. Selain itu, dirinya juga mengisi sebuah acara memasak di BBC Good Food yang berlokasi di India. Di sela kesibukannya tersebut, Dhingra yang menulis buku pertamanya yang berjudul The Big Book of Treats.

Dinh Nhat Nam Pendiri Urban Station

Dinh Nhat Nam adalah seorang pria yang berasal dari Vietnam dan berhasil mendistribusikan kopi yang berasal dari negaranya ke beberapa toko yang ada di dunia. Pengalaman Dinh yang ada di bidang makanan dan juga  dan minuman  yang kemudian telah membawanya pada sebuah kesuksesan sebagai seorang wirausahawan. Rencana Dinh pun akan membuka jalur distribusi yang terbarunya yaitu ke  negara China.

Yasuhiro Fujio Chef, La Cime

Sebagai orang kedua yang berkuasa atas sebuah dapur dari restoran terkenal La Cime, Yasuhiro, yang merupakan pemuda asal Jepang. Dirinya menjadi orang yang berhasil meraih bintang Michelin keduanya yaitu pada Oktober 2015. Fujio yang memulai karirnya bergelut di dapur setelah ia menimba ilmu jurusan akuntansi di Inggris dan juga Perancis. Dirinya juga yang berhasil menjadi seorang finalis yang ada dari sebuah penghargaan chef RED U35 yang kemudian merupakan sebuah kompetisi memasak terbesar yang ada di Jepang.

Peggy Hartanto Desainer

Kita juga patut untuk berbangga karena dirinya merupakan sebuah putri bangsa dari Indonesia, Peggy Hartanto yang merupakan berhasil masuk ke dalam list pengusaha muda yang sukses yang ada bidang seni asal Asia versi Forbes. Peggy Hartanto yang mengharumkan sebuah nama Indonesia yang ada di dalam bidang fashion dengan menjadi seorang desainer yang dapat merancang busana minimalis. Rancangannya tersebut  yang telah digunakan oleh para selebriti internasional, yaitu seperti Gigi Hadid, Michelle Williams, dan juga Lindsay Lohan. Setelah lulus dari Universitas Raffles College of Design and Commerce di Australia yaitu pada tahun 2009, yang dapat membangun brandnya bernama. 

Tada Hongsakul Fotografer

Tada Hongsakul yang merupakan sebuah pria yang berasal dari Bangkok, Thailand yang memang menggeluti sebuah bidang fotografi. Karya fotonya yang dimana juga merupakan provokatif mengambil beberapa tema tentang nudity, skenario absurd, dan juga isu tentang sosial dengan sebuah sentuhan humor. Pameran tunggalnya yang kemudian berhasil menjadi pusat perhatian dari banyaknya media yang memang mengantarkannya untuk dapat keliling dunia. Seperti halnya ke New York di Amerika Serikat, Australia, China, dan juga kawasan Asia Tenggara.

Nipun Dharmadhikari, pendiri Natak.Co

Nipun Dharmadhikari yang merupakan sebuah pemuda tentang asal india yang bisa mendapatkan penghargaan tentang pertamanya di dalam bidang film, khususnya yang sudah di sutradara yaitu pada 2009. Dimana pada akhirnya mendirikan Natak Company yang merupakan sebuah grup teater tentang anak muda. Natak Company yang dikenal sebagai sebuah perusahaan seni dan akting yang dapat memproduksi opera musik klasik Mharati.

Itulah beberapa deretan anak muda yang ada di dunia yang sudah berhasil sukses dengan berbagai karya yang diciptakan. Beberapa anak muda diatas memilih untuk berkarya sesuai dengan fashion yang mereka sukai, dan hal tersebut dapat mengantarkan mereka ke pintu gerbang kesuksesan. 

Cara Berkarir di Dunia Seni yang Menghasilkan

Bagi yang memang berjiwa seni, semua hal tentunya akan terkait seni adalah menjadi segalanya. Bahkan berkarir di dalam dunia seni adalah sebuah cara yang menjadi idaman banyak orang. Tapi tahukah anda, bahwa semua itu adalah sebuah hal yang tentunya tidak semudah seperti membalikkan sebuah telapak tangan untuk dapat sukses berkarier di dalam bidang seni. Butuh juga sebuah strategi yang juga tepat untuk dapat meraihnya. 

Cara Berkarir di Dunia Seni yang Menghasilkan

Belum lagi sebagian besar orang tua yang biasanya akan kerap kali tidak akan mendukung karir dari anak di dunia seni karena, biasanya akan identik dengan sebuah penghasilan yang juga biasanya akan kurang menjanjikan dan juga masa depan yang dianggap sebagian orang tidak jelas. Seniman yang pada umumnya biasanya akan bekerja sendiri dan juga beberapa di antaranya tidak bekerja secara formal, layaknya orang yang bekerja kantoran. 

Dan inilah yang merupakan alasan utama mengapa kebanyakan orang yang biasanya akan sering menjadikan profesi yang satu ini sebagai salah satu yang menjadi pilihan kedua. Lalu, dalam hal ini bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga menjadi orang yang termasuk tertarik untuk terjun ke dalam industri seni tersebut? Berkarir di dunia seni yang juga tak harus selalu menjadi sebuah pilihan kedua. Anda juga yang dimana bisa meraih kesuksesan yang ada di dalam di bidang ini. Zaman sudah mengalami banyak sekali  perubahan dan juga industri seni juga yang sekarang ini, cukup menjanjikan lebih banyak peluang kerja yang sangat beragam. 

Ada banyak pilihan yang juga ada di dalam bidang seni yang tentunya dapat dijadikan sebuah pertimbangan, seperti halnya desain, melukis, seni peran, dan juga yang lainnya. Jika Anda dalam hal ini serius untuk menggali potensi yang memang anda miliki, maka Anda tentunya juga akan memiliki sebuah peluang sukses yang juga besar di dalam sebuah industri yang satu ini. Tentu dengan masuk ke dalam dunia seni dengan cara yang tepat. Berikut ini akan dibahas tentang cara berkarir di dalam dunia seni agar anda dapat mencapai sebuah kesuksesan.

Memiliki Definisi dan juga Target Sukses yang Jelas

Pengertian sukses yang memang relatif, sebab umumnya setiap orang bebas untuk dapat mengajarkannya dalam semua versi mereka. Jika seseorang beranggapan dengan memiliki banyak properti adalah sebuah hal yang merupakan kesuksesan, maka orang lain justru bisa saja hanya menganggap kesuksesan itu adalah sebuah hal yang datang ketika mereka bisa memberikan banyak ilmu kepada orang lain yang ada di sekitarnya. Apapun itu, dalam hal ini pastikan Anda juga akan dapat memiliki sebuah definisi sukses yang tentunya jelas sejak awal, dan tentunya hal tersebut merupakan hal yang cukup masuk akal. Hal ini penting, lainnya agar Anda bisa lebih mudah untuk dapat mengarahkan langkah anda menuju sebuah target kesuksesan itu sendiri.

Temukan Diri di Dalam Karya Anda

Berkat sebuah Ulah Iseng, Warganet dapat menyulap sampah menjadi karya seni. Sampah-sampah ini yang biasanya akan dibentuk menjadi sebuah karya seni, dengan berbagai berbentuk jenis-jenis hewan. Sepintas hal ini dapat menjadi salah satu hal yang juga terlihat seperti sebuah hewan yang sungguhan.Bekerja sesuai dengan passion merupakan sebuah cara termudah yang dilakukan untuk menikmati sebuah pekerjaan itu sendiri dan juga dapat meraih sebuah kesuksesan  yang ada di dalamnya. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan di dalam sebuah industri seni.

Seni harus alami, dan lahir dari jiwa dan juga  rasa yang mengerjakannya. Tentu hal itu tidak mudah, sebab bisa saja Anda yang juga malah harus mencari-cari apa yang nantinya paling tepat dan bagaimana nantinya akan membuatnya menjadi sebuah sesuatu yang memang bernilai seni. Beranilah untuk dapat berproses dan mengeksplor semua hal dan juga semua kemampuan terbaik Anda, sehingga Anda nantinya akan menemukan passion dan juga bisa menuangkannya menjadi sebuah karya yang bernilai. Jika anda bisa melakukan ini semua dengan baik, Anda yang akan menemukan diri di anda ada dalam setiap karya-karya yang anda buat.

Kaya Inspirasi dan Produktif dalam Berkarya

Seni memiliki sebuah tantangan tersendiri, dimana biasanya berbagai inspirasi yang akan lahir dan juga akan dikenal secara bergantian. Hal ini tentunya sebuah hal yang tidak mudah, sebab pada umumnya para seniman yang malah akan menemukan dan juga akan melahirkan sesuatu yang nantinya bisa saja belum akrab didengar pada sebuah pandangan tentang kebanyakan orang. Jika Anda memang seorang yang bekerja di dalam industri seni, maka Anda tentunya juga dalam hal ini harus siap dengan semua kondisi yang memang seperti ini. Penting juga untuk dapat selalu memiliki sebuah gairah dan juga sebuah inspirasi, agar nantinya Anda produktif dan juga anda bisa melahirkan berbagai macam karya seni yang ada di dalam karier Anda.

Bawa Karya anda ke Tempat yang Tepat

Pasar Seni Lukis yang ada di Indonesia 2018  yang dipenuhi oleh berbagai karya yang juga sangat luar biasa. Ada stand  yang biasanya akan menjual karya seni lukis yang dipamerkan dari bahan batu akik hingga juga dengan bulu unggas. Orang tidak akan mengenali semua karya Anda, jika Anda menjadi orang yang tidak pernah menunjukkannya kepada khalayak ramai tentang karya yang anda buat. Menjadi penikmat karya sendiri tentunya bukan menjadi suatu hal salah, namun jika Anda ingin sukses dengan karya anda maka tunjukkan karya Anda dan tentunya biarkan orang lain juga menikmati karya anda tersebut sebagai sesuatu yang memang bernilai seni.

Jangan malu untuk menjadi seorang pemula, sebab semua seniman yang nantinya sukses bahkan juga pernah mengalami sebuah kegagalan. Bawa dan pajanglah karya-karya Anda di beberapa pameran dan juga eksibisi, sehingga  nantinya Anda  juga dapat menemukan wadah yang juga sangat tepat dan juga peluang yang digunakan untuk mencapai  sebuah titik kesuksesan yang ada di masa yang nantinya akan datang.

Kelola Karya secara Profesional

Meski Anda nantinya akan terjun ke dalam industri seni dengan idealisme yang sangat tinggi, namun jangan juga lupakan tujuan kesuksesan yang juga menjadi target Anda. Selain anda nantinya menemukan wadah untuk anda berkarya, juga perlu menemukan sebuah penghasilan di sana. Pastikan Anda juga tidak bisa melupakan sebuah ilmu bisnis yang ada di bidang ini, agar nantinya  Anda bisa mengelola setiap karya yang anda miliki dengan cara yang  profesional. Berapapun nilainya, maka terapkanlah ilmu bisnis yang juga profesional dalam hal mengelola karya dan juga dalam mengelola keuangan Anda. Bagaimanapun juga, orang sukses, tentunya juga orang yang harus memiliki sebuah kemampuan yang baik yang ada di dalam mengelola keuangan. 

Itulah beberapa cara yang bisa dan dapat anda coba untuk terjun dalam dunia seni. Menjadikan seni tidak hanya hobi belaka, namun menjadi salah satu hal yang dapat menghasilkan untuk anda. Tentunya hal ini akan dapat bermanfaat untuk anda, karena anda akan bekerja sesuai dengan passion anda. 

Berawal Dari Hobi, Usaha Darwis Triadi Berhasil Menjadi Besar

Hobi yang berkembang hingga menjadi wujud keberhasilan. Mungkin hal ini yang menjadi impian dari banyak orang. Meskipun dalam kondisi nyatanya sebagian besar dari mereka justru tidak berhasil meraih impiannya dengan standar keberhasilan seperti yang diharapkan. Dalam pembahasan di artikel ini akan berfokus pada sosok Darwis Triadi yang dikenal atas hasil pencapaiannya dalam bidang fotografi. Pria berdarah Jawa ini juga dikenal akan prinsip idealisnya dalam mengambil hasil jepretan kamera hingga menjadi suatu karya yang mencapai standar baik hingga bahkan sering disebut karya unggulan.

 

Sejarah Sang Maestro Lensa

Pria ini terkenal sebagai sosok berdarah Jawa yang mulai menggeluti fotografi sejak cukup lama, yaitu tahun 1979. Di masa itu tentu saja kehidupan masyarakat setempat belum secanggih kondisi seperti di masa kini. Hal ini menimbulkan Darwis Triadi pasti banyak menemukan aneka hambatan dan masa-masa berat dalam menjalani hidupnya, terutama sebagai seorang fotografer. Setelah melalui masa yang cukup panjang dan terus berjuang, Darwis Triadi berhasil memetik hasil keberhasilannya seperti yang dapat dilihat kini. Segala kesuksesan dan penghargaan yang berhasil diraihnya juga tak membuat pria yang sudah menggeluti bidang fotografi selama 40 tahun ini lupa diri atau bahkan angkuh. Ia tetap tekun mengerjakan profesinya dengan memegang teguh prinsip yang dipercayainya sejak awal mulai memotret. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini menganggap fotografi tidak semata hanya tentang cara membuat hasil foto tangkapan kamera yang baik saja. Tapi lebih dalam lagi, fotografi merupakan hasil tangkapan lensa yang memberi kesan lebih mendalam kepada banyak orang yang melihatnya, atau terlibat secara langsung di dalam foto tersebut. Fotografi sudah dianggap sebagai denyut nadinya, yang perlu terus dijalani untuk bertahan hidup dan dengan penuh tanggung jawab.

Bakat dan minat akan fotografi tidak datang begitu saja dalam hidupnya. Tetapi melewati suatu bentuk pergumulan dan keputusan besar yang perlu ditetapkan dalam memutar langkah berpaling dari kehidupan yang telah dipilih sebelumnya. Dengan mengawali studinya dalam bidang penerbangan yang dijalani Darwis Triadi di Curug, bahkan hingga ijin praktek mengendarai pesawat telah berhasil didapatkannya, muncul kebimbangan dalam diri seorang Darwis Triadi. Hingga akhirnya pria ini mengambil keputusan untuk berpaling dari bidang penerbangan ke bidang fotografi, tanpa memiliki pengalaman apapun.

Untuk mengejar ketinggalan dari titik nol, Darwis Triadi harus berjuang keras dalam memulai bidang fotografi ini. Berbagai ilmu dipelajarinya dari buku sambil melakukan praktek langsung untuk mengasah kemampuannya. Pada tahun 1983 pun Darwis Triadi memutuskan untuk mengambil pelajaran yang lebih mendalam seputar fotografi di Jerman dan Swiss, sebagai pertimbangan bahwa dua negara itu dapat memberi ilmu terbaik dalam teknik dan penguasaan penggunaan aneka perlengkapan memotret.

 

 

Langkah Karir Bekerja Di Belakang Layar

Tahun 1980 menjadi langkah awal Darwis Triadi memulai karirnya. Proyek pertama yang diterimanya adalah memotret bangunan hotel borobudur. Meskipun upah yang diperolehnya saat itu masihlah sangat kecil yaitu hanya sebesar Rp 50.000, namun hal itu tidak menyurutkan semangat bekerja Darwis Triadi. Ia terus mengusahakan hasil semaksimal mungkin dengan menggunakan fasilitas kamera dari tempat ia bekerja, akibat dari di saat itu dirinya belum memiliki kamera pribadi. Ketekunan Darwis Triadi terlihat dari waktu yang tidak lama baginya untuk menyiapkan diri terjun menjadi seorang fotografer profesional. Hanya berkisar satu tahun dari mulainya Darwis Triadi praktek di dunia profesional ia mulai memamerkan hasil jepretannya di Erasmus Huis daerah pusat kebudayaan Belanda di Jakarta pada saat itu. Dengan hasil bidikan berupa model dan peragawati, banyak orang berhasil terpukau akan karya tersebut. Meskipun banyak juga yang menganggapnya tidak pantas untuk disebut sebagai seorang fotografer profesional karena hanya bisa menampilkan karya yang tidak seberapa indah.

 

Kilauan Prestasi Sosok Darwis Triadi

Seorang Darwis Triadi berhasil membuktikan kemampuan dan ketekunannya dalam bidang fotografi. Berbagai jabatan berhasil diraihnya, seperti pernah menjadi Ketua II JPS (Jakarta Photography of Indonesia), serta menjadi Ketua APPI (Association of Professional Photography of Indonesia) di tahun 1989. Lalu tak lupa turut berpartisipasi dalam suatu ajang internasional di tahun berikutnya, yang lebih spesifiknya di majalah Hasselblad dan Photo Kina International yang terbit secara tahunan di Jerman sambil ia terus belajar di kota tersebut.

Sepak terjangnya dalam bidang fotografi pun semakin terlihat saat ia terpilih dalam menangani foto untuk majalah Vogue di edisi Juni 1991 yang meliput secara spesial akan Indonesia. Lalu kemudian diikuti dengan foto eksklusif untuk keperluan Index Art Directory for World Photographs yang diadakan pada tahun 1990 – 1991. Secara lebih spesialnya, Darwis Triadi juga berhasil menampilkan karya di ajang Workshop for Commercial Photographs yang berlangsung di Stuttgart, Jerman di bulan juli tahun 1991. Kepercayaan khusus pun diberikan kepada Darwis Triadi dalam mengisi kalender Broncolor dari perusahaan Bron Electronic AG yang dilakukan di Swiss tahun 1997.

Buku Darwis Triadi

Istilah bagai kacang tidak melupakan kulitnya sangat cocok diterapkan bagi diri seorang Darwis Triadi. Tidak melupakan impian mulianya dalam mendirikan sekolah fotografi untuk membagikan ilmunya kepada orang-orang lain, sekolah Darwis Triadi School of Photography akhirnya berhasil didirikan di Jakarta, tepatnya di Jalan Pattimura no. 2. Sekolah tersebut berhasil berkembang dengan sangat pesat, jumlah besar dalam peminatnya menciptakan berbagai cabang baru dari sekolah ini hingga ke daerah Surabaya dan Bandung yang dimulai sejak tahun 2008 dan 2009. Wujud kerendah hatian seorang Darwis Triadi pun sangat terlihat dari upaya menyempatkan diri datang ke sekolah tersebut di akhir sesi belajar untuk menyapa dan membina secara langsung memberi masukan atas pertanyaan yang dimiliki para anak didiknya. Waktu yang tidak sebentar dalam proses Darwis Triadi menggeluti dunia fotografi membuatnya sangat kaya akan pengalaman dalam mengatasi aneka masalah yang sering ditemui fotografer pemula. Banyak poin penting ditekankan Darwis Triadi sebagai persyaratan dalam membuat hasil foto yang baik, seperti beberapa faktor yang dapat berpengaruh baik itu secara langsung maupun tidak langsung akan hasil foto. Para fotografer juga perlu memperhatikan interaksi yang terjadi di antara fotografer dengan objek di dalam foto tersebut dalam memberi rasa khusus sebagai keunikan dari sebuah gambar. Menjadi sangat penting juga bagi fotografer untuk mengutamakan faktor pencahayaan yang menjadi poin penting dalam foto. Teknik pencahayaan harus dikuasai oleh seorang fotografer agar dapat membuat foto yang sesuai standar, dikarenakan teknik ini dapat sangat menentukan kualitas baik atau buruknya suatu karya foto.

Tidak hanya mengajarkan penguasaan teknik dalam mengambil foto, Darwis Triadi School of Photography juga mengajarkan berbagai etika dalam menciptakan foto. Dimana sang fotografer perlu mengendalikan hati, pikiran dan terlebih lagi berpikir secara global dan lebih utuh agar tidak terpecah hingga cenderung menjadi rasis akan suatu hal. Berbagai penghargaan dan aneka karya telah berhasil dipamerkan Darwis Triadi dengan mengandalkan usaha yang gigih serta pantang menyerah. Banyak buku juga telah diterbitkan sebagai alat bantu bagi aneka orang untuk mempelajari esensi dari fotografi. Apakah anda juga tertarik untuk menekuni bidang serupa seperti Darwis Triadi? Teruslah belajar dan jangan berhenti di tengah jalan!